BERITA

MAHASISWA YPK BERPARTISIPASI DALAM KAMPUNG BIDIKMISI 2018

Publish on March 2nd, 2018 under Berita by admin

    

Kampung Bidikmisi adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa peraih Beasiswa Bidikmisi (Bantuan Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin Berprestasi) dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengasah jiwa kemandirian para mahasiswa penerima Bidikmisi untuk tetap bertahan dalam kondisi sulit dan perjuangan meraih cita-cita. Pelaksanaan kegiatan Kampung Bidikmisi berlangsung selama tiga hari, dimulai pada tanggal 23 sampai 25 Februari 2018, yang di ikuti oleh seluruh mahasiswa Bidikmisi sebanyak 154 orang dari 35 Perguruan Tinggi se Jateng dan DIY. Perwakilan dari penerima Bidikmisi AMA YPK yang dikirim mewakili untuk mengikuti Kampung Bidikmisi sebanyak 2 orang yaitu Khofifah Indra Parawansa dan Ika Fetti Nurma Asia.

       Kampung Bidikmisi di laksanakan di wilayah desa Girimulyo Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Seluruh mahasiswa dibagi menjadi 14 kelompok, yang masing-masing terdiri dari 10 sampai 12 orang, yang ditugaskan di beberapa RT dan RW yang berada di kawasan desa Girimulyo. Desa girimulyo adalah salah satu desa yang berada di lereng Gunung Sumbing. Namun aktivitas yang terjadi di Desa Girimulyo jika dilihat dari segi keseniannya yang masih di lestarikan, desa girimulyo mempunyai budaya kesenian Topeng Ireng, Jatilan, dan Dangdutan. Beberapa kesenian ini masih di lestarikan di Desa Girimulyo yang juga merupakan salah satu ciri khas dari desa tersebut. Selain itu Desa Girimulyo juga memiliki wisata alam yang menarik untuk di kunjungi yaitu Curug Delimas dan gardu pandang.

       Pengalaman selama mengikuti Kampung Bidikmisi sangat banyak sekali, yang pertama semua peserta kampung Bidikmisi dicampur dan dibagi kelompok, jadi dalam satu kelompok tidak hanya terdiri dari satu universitas saja. Untuk membuat para peserta kampung Bidikmisi mengenal satu sama lain, sehingga menjadi lebih akrab. Kekeluargaan menjadi satu, yang terpenting dalam satu kelompok. Menyatukan perbedaan satu sama lain memang sedikit sulit, namun selama Kampung Bidikmisi berlangsung dari awal sampai akhir tetap kompak

          Kegiatan kampung Bidikmisi dilaksanakan pada tanggal 23 – 25 Februari 2018. Pada hari pertama kegiatan peserta kampung Bidikmisi berkumpul di Auditorium Universitas Tidar. Semua peserta dari berbagai universitas berkumpul di Auditorium untuk upacara pembukaan kampung Bidikmisi 2018. Karena hari itu bertepatan dengan hari Jumat maka upacara pembukaan kampung Bidikmisi di laksanakan setelah sholat Jumat. Setelah upacara pembukaan selesai peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk pemberangkatan ke Desa Girimulyo Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Setelah tiba di Desa Girimulyo semua peserta Kampung Bidikmisi dan panitia melakukan upacara serah terima bersama Kepala Desa Girimulyo. Upacara selesai semua peserta berjalan menuju rumah warga untuk melakukan kegaiatan. Setelah sampai di rumah warga peserta melakukan ramah tamah dengan tuan rumah, setelah itu istirahat. Mengingat cuaca yang tidak mendukung, maka kegiatan di hari pertama ada kendala yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, akan tetapi kegiatan tetap berjalan. Kegiatan di hari pertama berakhir pada pukul 21.45 WIB

          Pada hari kedua kegiatan Kampung Bidikmisi dimulai pukul 04.00 untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid yang terdekat dengan rumah yang di tempati oleh peserta, setelah itu setiap kelompok membagi anggotanya dalam berbagai tugas untuk kegiatan selanjutnya, ada yang masak untuk sarapan pagi bersama kelompok, kemudian ada yang membersihkan sekitar rumah warga yang ditempati oleh peserta kampung Bidikmisi, setelah semua selesai kelompok kampung Bidikmisi sarapan bersama. Setelah itu anggota kelompok yang telah dibagi melakukan kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain mengajar di Sekolah Dasar Desa Girimulyo, Program Lingkungan Bersih (Prolingsih), membantu kegiatan tuan rumah, persiapan lomba, mengajar TPQ , BIMBEL, dan Acara ramah tamah dengan penduduk (Srawung Mahasiswa) yang diikuti oleh seluruh peserta kampung Bidikmisi yang bertempat di Kantor Desa Girimulyo pukul 21.00 -23.30 WIB.

          Hari ketiga kegiatan Kampung Bidikmisi dimulai pukul 04.00 WIB. Seluruh peserta melaksanakan sholat shubuh berjamaah di masjid yang terdekat, setelah itu setiap kelompok membagi anggotanya dalam berbagai tugas untuk kegiatan selanjutnya, ada yang masak untuk sarapan pagi bersama kelompok, kemudian ada yang membersihkan sekitar rumah warga yang ditempati oleh peserta kampung Bidikmisi, setelah itu setiap kelompok melakukan sarapan bersama. Kemudian seluruh peserta kampung Bidikmisi melakukan kegiatan jalan sehat ke Curug Delimas, setelah sampai di kawasan Curug Delimas ada pembagian doorprize, pertunjukan seni dari warga Desa Girimulyo,dan sesi foto bersama. Setelah itu bersih–bersih di sekitar kawasan Curug Delimas dan setelah itu kembali ke rumah warga untuk packing dan persiapan upacara penutupan. Karena cuaca yang tidak mendukung dan di sana hujan jadi upacara penutupan kegiatan kampung bidikmisi sedikit molor dari jadwal yang telah ditentukan. Upacara penutupan yang seharusnya di mulai pukul 14.00 WIB harus mundur 1 jam karena hujan, jadi upacara penutupan di mulai 15.00-16.00 WIB bertempat di Kantor Desa Girimulyo. Kemudian panitia menyiapkan para peserta untuk perjalanan menuju Universitas Tidar. Setelah sampai di Universitas Tidar semua peserta berpisah untuk menuju daerah masing-masing.

 

 

AMA YPK Sabet Gelar Bergengsi di Arena ASC

Publish on April 22nd, 2015 under Berita by admin

AMA YPK Yogyakarta berhasil meraih prestasi gemilang di arena ASC (AMA Student Competition) tahun 2015. Bertindak selaku penyelenggara ASC adalah kampus Amayo yang berlangsung dari tanggal 22 Maret sampai dengan tanggal 12 April 2015 dengan menggelar barbagai perlombaan olahraga dan kesenian. ASC merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan dan diikuti oleh semua perguruan tinggi yang memiliki program studi manajemen administrasi. Adapun maksud dan tujuan digelarnya ASC adalah dalam rangka memupuk kebersamaan, solidaritas dan membina persatuan-kesatuan seluruh mahasiswa program studi manajemen administrasi. Disamping itu juga bertujuan untuk mencari dan membina bibit-bibit unggul dari masing-masing kampus untuk kemudian dapat diikutsertakan pada ajang perlombaan dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi.

Kontingen mahasiswa AMA YPK Yogyakarta mendapat dukungan penuh dari pihak Yayasan, Direktur dan segenap civitas akademika dengan penuh percaya diri mengikuti semua cabang yang dilombakan. Hasilnyapun tidak mengecewakan dengan tampil sebagai juara di beberapa cabang olahraga dan kesenian, diantaranya adalah juara satu dan juara tiga lomba menyanyi atas nama Annisa dan Stevi Pramita. Selanjutnya adalah juara tiga lomba tari kreasi baru (dance) dengan tim tari terdiri dari Mery Wulandari, Ikke Pradasari, Wahyu Kembar Yulingga dan Yofica Lestari. Pada cabang olahraga Badminton AMA YPK berhasil menjadi juara dua untuk tunggal putri atas nama Annisa. Tenis meja sekaligus tampil sebagai juara satu tunggal putri atas nama Nofri Yudita dan juara tiga atas nama Dodi Santoso. Vandry Johan dan Yolla melengkapi perolehan piala dengan menyabet gelar pada cabang catur dengan tampil sebagai juara satu putra dan juara tiga putri.

Direktur AMA YPK Yogyakarta, Anung Pramudyo, SE, MM mengungkapkan rasa bangganya pada saat menerima kontingen mahasiswa yang dikirim ke arena ASC. Beliau berpesan kepada semua mahasiswa yang dikirim untuk tidak cepat berpuas diri. “Bagi yang telah berhasil tampil sebagai juara saya berharap untuk dapat mempertahankan sekaligus dapat meningkatkan, dan bagi mahasiswa yang saat ini belum dapat meraih juara, kiranya tidak perlu berkecil hati. Saya yakin dengan kerja keras dan latihan-latihan yang rutin akan dapat menempatkan anda semua menjadi juara pada kompetisi yang akan datang,” pesan P. Anung. Di akhir sambutanya Bapak Direktur menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terimakasih, atas semua jerih payah, pengorbanan serta perjuangan segenap kontingen mahasiswa yang dikirim ke ASC tahun 2015. Selanjutnya semua piala-piala yang berhasil dipersembahkan oleh mahasiswa akan disimpan di kampus sebagai bukti prestasi yang membanggakan yang akan dapat dilihat oleh adik-adik mahasiswa yang kelak menempuh pendidikan di AMA YPK Yogyakarta.

AMA YPK Yogyakarta bekali mahasiswa baru dengan OBT

Publish on April 3rd, 2015 under Berita by admin

Untuk menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri serta siap menghadapi segala bentuk tantangan dan perubahan, khususnya daya saing dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, maka semenjak dini harus dilatih sikap mental, disiplin serta ketangguhan jasmani dan rohani. Harapan tersebut disampaikan oleh Direktur Akademi Manajemen Administrasi YPK Yogyakarta Anung Pramudyo, SE, MM pada sambutan pembukaan acara Outbond Training (OBT) bagi mahasiswa baru. Selanjutnya ditekankan, mahasiswa baru AMA YPK yang berasal dari berbagai daerah, suku dan budaya yang berbeda-beda perlu kiranya untuk saling menghargai dan mengenal satu sama lain sebagi bekal dalam menjalani kehidupan belajar di lingkungan baru di Yogyakarta yang lebih dikenal sebagai kota pelajar.

Humas AMA YPK Yogyakarta Edi Cahyono, MM menegaskan acara OBT wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru, sebagai bagian dari acara Pekan Pengenalan Kehidupan Kampus dan Kegiatan Akademik (P2K3A) tahun ajaran 2014/2015. OBT kali ini diikuti oleh 136 mahasiswa baru berlangsung selama 2 hari tanggal 7-8 September 2014 bertempat di lokasi OBT Samudera Jaya Jl. Kaliurang Km. 17. Bertindak selaku instruktur OBT adalah Merapi Adventure Pusdiklat Kemendagri Regional Yogyakarta. Tema OBT kali ini adalah Spirit, Sporty, Solidarity yang terbagi dalam beberapa bentuk game, kuisioner dan spontanitas. Adapun target pelaksanaan OBT bagi mahasiswa baru ditekankan pada tiga aspek yaitu survival, team work dan character building.

Hadir dalam acara pembukaan OBT semua pejabat struktural di lingkungan AMA YPK, Dewan Pembinan serta pengurus Yayasan Pura Kumala (YPK). Acara OBT ditutup dengan ramah tamah diikuti seluruh panitia dan instruktur, pentas seni dari berbagai daerah asal mahasiswa dan api unggun. Beberapa mahasiswa baru yang dimintai komentarnya rata-rata berpendapat bahwa kegiatan ini merupakan hal yang baru yang belum pernah diperolah sebelumnya, serta memberikan manfaat khususnya kesanggupan untuk senantiasa menjaga disiplin, etika dan semangat belajar selama menempuh perkuliahan di AMA YPK Yogyakarta.

 PENGUMUMAN
    February 20th, 2018
    Studi Ekskursi 2018

    STUDI EKSKURSI 2018 di PT Dua Kelinci Pati Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 25 April 2018 dengan biaya 260.000


    April 6th, 2017
    Penerima Beasiswa Yayasan Purakumala 2017

    No NIM Nama Penerima 1. 14000840 Betsy Bi Ara Bekak 2. 14000801 Binar Ma’rifatun 3. 14000875 Diana Eka Mahaningsih 4. 14000897 Syella Selviana 5. 15000939 Leni Apriani Kaho 6. 15000012 Miranti Kartika 7. 15000978 Julita Anggraeni 8. 15000961 Yunita Rahmadani Panggabean 9. 16001103 Aji Setiawan 10. 16001077 Ilya 11. 16001088 Muhammad Suri Lambang


    March 12th, 2017
    Penerima Beasiswa Bidikmisi 2017

    No. NIM Nama Penerima 1. 17001332 Khofifah Indra Parawansa 2. 17001329 Ika Fetti Nurma Asia 3. 17001216 Anida Alfiana


    March 13th, 2016
    Penerima Beasiswa BBP PPA 2016

    No Nama Penerima NIM Prodi Nama Bank 1. Heri Jaya Putra 14000880 Manajemen Administrasi BRI 2. Haryono 14000879 Manajemen Administrasi BRI 3. Putut Sri Puji Asih 14000818 Manajemen Administrasi BRI 4. Mikaela Ninul 14000850 Manajemen Administrasi BRI


    March 11th, 2016
    Penerima Beasiswa Bidikmisi 2016

    No. NIM Nama Penerima 1. 16001104 Alfian Khusairiyahya 2. 16001144 Frismanita Tutalia 3. 16001109 Farkhan Nur Romadhon


    March 11th, 2016
    Penerima Beasiswa Yayasan Purakumala 2016

    No NIM Nama Penerima 1. 14000840 Betsy Bi Ara Bekak 2. 14000801 Binar Ma’rifatun 3. 14000871 Ayu Wandira 4. 14000872 Baiti Rizki 5. 14000875 Diana Eka Mahaningsih 6. 14000889 Nurhuzaini Hafizah 7. 14000893 Siti Nafiah 8. 14000894 Siti Nur Hasanah 9. 14000897 Syella Selviana 10. 14000827 Vilaria Laudra A 11. 14000865 Yulia Ratna Juwita Dwiyanti […]


    October 17th, 2015
    Peraih Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan dari Dinas Dikpora Propinsi DIY Tahun 2015

    NIM Nama Mahasiswa Asal Sekolah 15000944 Mita Dwi Pratiwi – 15000970 Eko Priyo Utomo – 13000420 Tryatun – 13000765 Nining Widya Lestari – 13000729 Sri Murniyati – 13000671 Dewi Kisti Ariyani – 13000633 Dewi Utami –


    April 3rd, 2014
    Peraih Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan dari Dinas Dikpora Propinsi DIY Tahun 2014

    Selamat kepada 4 mahasiswa AMA YPK yang telah lolos tahap verifikasi sehingga berhak meraih Bantuan Biaya Pendidikan dari Dinas Dikpora Propinsi DIY Tahun 2014 : NIM Nama Mahasiswa Alumni 12000475 Niken Palupi SMA N 1 Sanden Bantul Yogya 12000511 Rahmania Nur Lathifah SMA N 2 Banguntapan Bantul Yogya 12000509 Noor Diana Akhbarini SMK Muh. 2 […]


    April 3rd, 2014
    Agenda Pemilu Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) 2014

    Pengurus BEM Periode 2013 akan segera berakhir. Pengurus BEM sudah menyusun agenda Pemilu BEM yang berisi serangkaian acara padat yang menarik untuk regenerasi BEM tersebut.Ikuti setiap agendanya: No Hari / Tanggal Pelaksanaan Kegiatan 1 2 – 6 Juni 2014 Orasi tertutup di Kelas (dengan video) 2 Sabtu/7 Juni 2014 Orasi terbuka di halaman AMA YPK […]